Jasa Pembuatan Peredam Suara Studio

May 14, 2020 | | Say something

Untuk membuat studio anda membutuhkan pemasangan peredam suara ruangan dinding/tembok, plafon, pintu peredam suara agar suara tidak bisa keluar/ masuk ke dalam ruangan sehingga ruangan jadi kedap suara. Disini anda membutuhkan profesional kontraktor peredam suara yang mampu mengerjakan dengan baik dan benar.

Menurut wikipedia, studio adalah Studio adalah suatu tempat di mana seorang seniman bekerja. Studio bisa digunakan untuk banyak hal, seperti membuat foto, film, acara TV, kartun, atau musik. Kata ini berasal dari bahasa Latin studium, yang berarti amat menginginkan sesuatu.

Studio musik adalah ruangan atau sekelompok ruangan yang digunakan untuk berlatih musik. Sebagian besar studio musik memiliki alat** musik lengkap seperti: -drum -guitar -keyboard -bass -amplifier -mixer -microphone

Biasanya kebanyakan orang menggunakan studio musik sebagai sarana latihan, dan ada juga orang yang menggunakan studio musik sebagai tempat rekaman

Kebanyakan orang di sekitar kita membuat studio musik sebagai tempat rental. Semakin banyak orang membuat studio musik maka semakin banyak musisi di dunia, tetapi jangan salah kemungkinan besar studio musik yang dicari merupakan studio musik yang memiliki kualitas yang bagus dan tempatnya nyaman, karena itu masih banyak studio musik yang tidak memiliki pelanggan.

Peredam suara ruangan umumnya diartikan sebagai bahan yang digunakan untuk menciptakan ruangan kedap suara atau memblok suara masuk dan keluar ruangan sehingga sumber suara tidak bisa masuk ke dalam ruangan atau tidak bocor keluar ruangan. Prinsipanya hampir sama dengan ember yang menampung air yang tidak bocor. Bedanya bahan peredam ruangan yang digunakan dan cara pemasangannya menentukan tingkat kekedapan suara dengan pengukuran sound meter dalam decibel.

Namun peredam suara bukan hanya meredam suara agar tidak masuk keluar ruangan namun lebih lagi yaitu meningkatkan nilai akustik ruangan sehingga akustik ruangan menjadi lebih baik. Peredam suara tanpa memperhatikan formasi akustik ruangan akan menjadi ruangan mati atau kacau balau yang muncul gema dan gaung dalam ruangan.

Sebaiknya memasang peredam suara ruangan diperhatikan formasi akustik ruangan sehingga bisa diketauhi manfaat ruangan dan pemasangan peredam suara dan akustik ruangannya. Misalnya untuk ruangan studio musik pemasangan dan formasi akustik ruangan bisa berbeda dengan ruangan rapat atau ruangan kamar tidur bahkan ruangan aula dan hall. Jadi pemasangan peredam suara harus disesuaikan dengan formasi akustik ruangan agar nilai akustik ruangan bisa baik. Pengubahan fungsi ruangan akan mengubah formasi akustik ruangan

Jika peredam suara ruangan ibarat ember yang menampung air, maka formasi akustik ruangan adalah menyerap kelebihan suara ruangan yang bisa menimbulkan gema ruangan atau gaung ruangan. Umumnya orang akan menyebutkan peredam gema ruangan sehingga gema dan gaung dapat diminimalisir dan suara dapat terdengar jelas dari sumber suara yang ada dalam ruangan.

Yang banyak kita bicarakan ketika membuat peredam suara ruangan adalah bahan material yang mampu menyerap suara dari luar ruangan agar tidak masuk kedalam ruangan atau sebaliknya. Namun jarang sekali orang berbicara peredam gema atau akustik ruangan ketika bahan peredam suara sudah dipasang.

Saya akan membahas sedikit mengenai bahan peredam suara ruangan yaitu glasswool, rockwool dan greenwool/healthywool dengan segala kekurangan dan kelebihannya masing masing.

1. Bahan peredam suara glasswool. Umumnya dulu banyak orang menggunakan bahan peredam suara glasswool sebagai bahan peredam suara ruangan pada dinding kamar, plafon atau atap rumah, ruang genset, ruang meeting dan sebagainya. Glasswool yang umum dipakai adalah jenis roll yang berharga murah dan tipis. Glasswool adalah bahan peredam suara yang berbahan dasar serat kaca. Ciri-ciri Glasswool seperti selimut tebal berwarna kuning. Glasswool dijual eceran dalam bentuk lembaran dan dalam kuantitas besar dalam bentuk roll. Glasswool memiliki ketebalan 25mm – 50mm dengan densitas permukaan mulai dari 25g/m2 sampai dengan 75g/m2.

Pada saat pengaplikasiannya, glasswool sering kali rontok dan menempel di kulit sehingga menyebabkan kulit gatal atau perih seperti tertusuk jarum. Apabila serbuk kaca tersebut tersedot masuk ke paru-paru, akan melukai serabut paru-paru yang halus. Serabut tersebut tidak bisa dikeluarkan dengan cara apa pun juga.

Glasswool berfungsi meredam suara dan dapat menginsulasi panas. Glasswool juga bersifat menyerap uap air. Dalam keadaan lembab, kemampuan meredam suara glasswool menjadi berubah. Glasswool yang lembab akan berjamur dan beratnya menjadi 5 – 7x berat aslinya. Kelembaban glasswool juga berdampak pada umur yang mana glasswool akan mudah menjadi lapuk dan hancur seperti pasir.

Dibalik segala kekurangannya glasswool merupakan bahan peredam suara yang murah terutama yang berbentuk roll panjang sehingga hemat biaya untuk bahan peredam suara ruangan.

2. Bahan peredam suara rockwool. Bahan peredam suara rockwool adalah pilihan kedua setelah rockwool. Umumnya rockwool memiliki berbagai macam jenis seperti juga glasswool, namun rockwool banyak digunakan dan cocok untuk bahan peredam suara studio musik, ruang karaoke, studio rekaman, ruang meeting dan sebagainya yang memiliki berbagai macam jenis dan dapat disesuaikan dengan kebutuhan si pemakai.

Rockwool adalah bahan peredam suara yang terbuat dari bahan dasar bebatuan. Ciri-ciri rockwool seperti selimut tebal berwarna abu-abu atau kuning. Rockwool dijual eceran dalam bentuk lembaran dalam kuantitas besar dalam bentuk roll atau lembaran berkemasan plastik. Rockwool memiliki ketebalan mulai dari 25mm – 100mm dengan densitas permukaan mulai dari 30g/m2 sampai dengan 100g/m2.

Rockwool adalah produk serat mineral ringan yang dirancang untuk meredam suara dan isolasi terhadap panas. Terdapat dua jenis rockwool di pasaran Indonesia, yaitu rockwool tanpa brand dan rockwool impor branded. Perbedaan harga antara rockwool branded dan tidak branded cukup jauh. Rockwool tidak branded memiliki kualitas yang kurang baik untuk dipakai pada proyek yang mensyaratkan keamanan dan kesehatan. Bahan peredam suara ini biasanya dipakai di proyek dengan anggaran tidak terlalu tinggi karena harganya yang tidak terlalu mahal.
Kelebihan lainnya bahan peredam suara rockwool lebih aman, tidak gatal, tahan api dan tahan lama sehingga cocok digunakan sebagai bahan peredam suara ruangan anda.

3. Bahan peredam suara greenwool/healthywool. Saat ini bermunculan bahan peredam suara sintetis seperti greenwool yang jauh berbeda dengan bahan peredam suara glasswool dan rockwool yang biasa kita kenal. Bahan peredam suara greenwool diklaim merupakan bahan peredam suara yang sehat bebas dari bahan kimia sehingga tidak menganggu kesehatan manusia.

Umumnya bahan peredam suara greenwool juga memiliki berbagai macam jenis untuk berbagai macam keperluan namun ternyata bahan peredam suara greenwool merupakan bahan peredam suara yang tidak tahan api alias mudah terbakar. Dalam aplikasinya bahan peredam suara greenwool memang bagus untuk kesehatan namun harga bahan peredam ini 2 kali lipat lebih mahal daripada bahan peredam suara glasswool dan rockwool. Jadi anda tetap harus memperhatikan kekurangan bahan peredam suara jenis greenwool ini.

Menghitung Biaya Pasang Peredam Suara Ruangan

Sesudah anda membaca mengenai sedikit informasi mengenai bahan peredam suara, macam bahan yang dipasang dan daya kedapnya, maka tentu kita selangkah lebih maju untuk menghitungnya dengan lebih tepat. Apakah bisa memberikan harga tanpa menghitung nilai stl dan daya kedap suaranya? Bisa, itu namanya dagang asal asalan yang hasilnya pasti asal asalan jadinya. Maka disini saya akan membahas faktor apa saya yang menentukan harga pasang peredam suara atau biaya pemasangan peredam suara ruangan dan perhitungan biayanya secara umum.

Biaya pasang peredam suara tidak dapat diukur dengan suatu nilai rupiah tertentu sebelum faktor faktor seperti ukuran ruangan, bahan material yang digunakan, fungsi ruangan diketahui, bahan peredam gema dipakai, dan target decibel (sound meter) yang hendak dicapai dapat diketahui, maka biaya pasang peredam suara sulit diketahui. Oleh karena itu kami menyarankan anda untuk mengetahui sedikit informasi mengenai peredam suara ini agar anda faham apa yang anda beli, faham mengenai bahan peredam suara yang dipasang dan bahan peredam gema yang digunakan, dan sebagainya.

Untuk memperjelas hal hal diatas mari kita bahas satu persatu agar kita semakin memahami dan bisa mengerti lebih dalam, termasuk soal perencaaan anggaran biaya yang sering kali kita masih ragu dan bimbang.
1. Volume Ruangan . Volume ruangan merupakan hal yang memang tidak terlalu penting, namun usahakan memiliki ruangan dengan volume minimal ukuran 4 m x 3 m x 3 m sehingga cukup nyaman untuk duduk, dan menata ruangan, misalnya untuk karaoke atau studio serta sofa. Jika terlalu sempit maka kenyamanan juga bisa berkurang. Jika ada luas yang lebih besar misalnya 5mx6 mx3 m maka akan semakin baik. Volume rungan ini kadang digunakan orang untuk bernyanyi sambil berdiri dan berjoget. Maka jika ukuran terlalu kecil, bisa jadi kenyamanan kita juga tidak memuaskan. Maka pilihkan kamar ruangan dengan minimal ukuran 4 m x 3 m x 3 m agar kenyamanan berkaraoke bisa tetap terjaga.

2. Desain Interior Ruangan. Umumnya semua ruangan karaoke atau studiomusik memiliki tema dan warna. Bisa jadi kita menyukai tema dan warna natural, tema dan warna white, tema dan warna merah hitam, tema dan warna simple dan minimalis, tema dan warna ruangan karaoke mewah dan elegan. Semuanya itu adalah tema dari ruangan karaoke yang harus didesain dahulu agar bisa dikerjakan sesuai desain interior ruangan karaoke yang disetujui. Untuk desain interior karaoke ini umumnya kita menggunakan banyak elemen pembentuknya mulai dari kayu, metal, wallpaper, karpet, led strip lamp, gypsum, parket atau vinyl, dan lainya dengan nuansa warna yang disesuaikan dengan tema dan keinginan klien. Untuk pembuatan desain interior ruangan karaoke, akan diberikan pada saat awal atau saat kontrak sudah disetujui sehingga akan ada pembuatan desain karaoke beserta tema dan warna yang mau dibuat.

3. Tingkat daya kedap suara. Jika memang menginginkan ruangan memiliki daya kedap yang diinginginkan maka kita harus melihat nilai stl dari bahan yang dipasang serta berapa decibel daya tahannya untuk memblok suara. Umumnya ada pilihan untuk memblok suara dari pilihan 1, 2 dan seterusnya, yaitu dari daya blokir suara minimal, sedang dan maksimal.

4. Rencana Anggaran Biaya Pembuatan Ruangan. Anggaran biaya sering kali adalah pokok masalah yang menentukan bagaimana ruangan itu terbentuk baik dari sisi desain maupun daya kedap suara. Maka mungkin perlu dikomunikasikan dulu sebelum eksekusi mengenai anggaran biaya tersebut sehingga bisa berjalan dengan baik.

Umumnya untuk membuat peredam suara sederhana saja di dalam ruangan studio musik, ruang karaoke, ruangan meeting/rapat dan partisi ruangan, maka membuat ruangan peredam suara secara sederhana dan minimal bisa menggunakan pilihan paket peredam suara. Misalnya harga per meter persegi peredam suara adalah Rp 450.000, maka dihitung volume area yang hendak dipasang yaitu 4 sisi dinding dan 1 sisi plafon dikalihkan harga per meter persegi tersebut. Untuk spek harga Rp 450.000 per meter persegi itu bisa jadi adalah harga dengan spek rendah seperti penggunaan glasswool/rockwool, rangka, gypsum dan lainnya yang jika ditest kekedapannya dan nilai stl nya mungkin hanya 25 decibel saja.

Untuk pastinya berapa harga pasang peredam silahkan hubungi kami, tentu kami akan tanyakan fungsi ruangan, volume ruangan, nilai daya kedap stl yang dikehendaki, dan lain lain. Semoga bisa membantu anda. Terimakasih

Please follow and like us:

Posted in: Jasa Pemasangan Peredam Suara | Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.