Jasa Pembuatan Peredam Suara Kamar Tidur Rumah Apartemen

Oct 3, 2019 | | Say something

Anda sedang mencari jasa pembuatan peredam suara/kedap suara untuk kamar tidur rumah apartemen? Pengen kamar tidur yang tidak bising dan tidak terganggu kebisingan dari luar? Sebelum ada memasang peredam suara untuk kamar tidur, kami akan jelaskan dulu mengenai jenis jenis kebisingan suara, jenis rambatan suara, cara membuat peredam suara kamar tidur, biaya pembuatan peredam suara kamar tidur, bahan material pembuatan peredam suara dan teknik pemasangan peredam suara agar anda bisa memahami apa yang akan anda pasang bisa membuat anda mengerti.

Jenis Jenis Kebisingan Seputar Kamar Tidur Rumah dan Apartemen

Memiliki kamar tidur di rumah dan apartemen pada saat ini di area perkotaan sering kali membuat kenyamanan kita terganggu yaitu adanya kebisingan yang membuat pikiran dan hati kita merasa tidak tenang, maka terpikirkan bagaimana jika kita memasang peredam suara pada kamar tidur. Namun kita harus mengenali jenis kebisingan seperti apa yang mengganggu kita sehingga bisa masuk ke area kamar tidur.

Kebisingan umumnya terjadi di sekitar kita karena faktor adanya kebisingan akibat percakapan tetangga, suara lalu lintas kendaraan, suara speaker, suara alat musik, suara televisi, suara pekerjaan dari tetangga, suara binatang peliharaan dan sebagainya. Nah jenis kebisingan ini ada yang bersifat disalurkan melalui medium udara dan ada yang disalurkan melalui struktur bangunan.

Suara suara bising yang sumber suaranya jauh namun kita dengar juga merupakan jenis suara yang bisa dipastikan bersumber dari saluran udara sehingga bisa masuk ke kamar tidur. Sedangkan sumber suara yang bersifat langsung seperti ketukan pintu, tembok atau rambatan suara melalui medium material tembok adalah kebisingan yang bersifat tersalurkan melalui medium bangunan atau tembok dan plafon.

Faktor lain adalah kekuatan sumber kebisingan itu sendiri. Seberapa kuatkah sumber kebisingan itu memasuki kamar tidur sehingga mampu menggaggu kenyaman kamar tidur? Maka disini kita belajar memahami bahwa kebisingan suara memiliki kekuatan yaitu daya bising yang diantarkannya. Misalnya suara speaker dari jarak 100 meter bisa masuk ke kamar tidur dan sangat keras bunyinya. Disini kekuatan kebisingan suara dari speaker itu harus diukur dan dianalisis sehingga kita bisa tahu kekuatan kebisinganya dan melalui area mana dia masuk ke dalam kamar tidur.

JIka sumber suara itu adalah masuk melalui struktur bangunan seperti suara ketukan pintu, suara langkah sepatu atau suara rel lift apartemen, maka bisa jadi suara kecil pun mampu mengganggu kenyamanan kamar tidur. Disini kita bisa mengetahui bahwa kebisingan itu memiliki kekuatan yaitu daya bising yang bisa membuat kenyamanan kamar tidur terganggu. JIka demikian kita perlu melakukan analisis kebisingan serta test kebisingan sebelum memasang peredam suara. Biasanya menggunakan alat pengukur tingkat kebisingan yang bernama sound meter level. Dengan mengukur kebisingan kita bisa tahu kekuatan kebisingan itu sendiri untuk kemudian menjadikan data yang akan kita olah untuk membuat keputusan peredam suara.

Langkah berikutnya kita perlu lakukan analisis terhadap material yang dipasang pada area kamar tidur, yaitu terutama material tembok, dak plafon, pintu dan jendela. Umumnya sumber kebisingan suara masuk melalui 4 medium tersebut. Maka mengetahui kekuatan daya kedap suara material itu sangat penting untuk membuat rancangan peredam suara kamar tidur. Material tembok kamar tidur rumah apartemen umumnya terbuat dari bata  ringan atau hebel, bata merah, partisi gypsum, kaca dan tripelks. Maka dari bahan bahan yang disusun menjadi dinding dan plafon dak kamar tidur kita bisa tahu seberapa kuat bahan bahan material tersebut mampu memblokir  tenaga kebisingan dari suara yang masuk. Jadi ada hubugang erat antara sumber kekuatan kebisingan dengan kekuatan daya kedap suara tembok palfon, jendela dan pintu kamar tidur rumah dan apartemen yang dipasang. Jika sumber kebisingan memiliki kekuatan lebih besar dibandingkan dengan kekuatan tembok, palfon, jendela dan pintu eksisting yang terpasang pada kamar tidur maka bisa jadi akan bocor masuk kebisingannya. Sumpama kita membuat bendungan, maka kita harus tahu seberapa kekuatan air yang dibendung mampu menjebol bendungan dan kita harus tahu seberapa kuat bendungan yang kita buat untuk memblokir daya kekuatan air yang dibendung. Dengan demikian kita bisa mempprediksi dari awal rancangan kekuatan yang kita buat dengan membuat analisa terlebih dahulu.

Material material yang dipasang pada area kamar tidur rumah dan apartemen umumnya bisa kita ketahui daya kekuatan kebisinganya dari susunan material yang membuatnya. Dibandingkan dengan kekuatan kebisingan suara dan sifat suaranya itu sendiri.

Sebagai gambaran berikut adalah nilai daya kedap suara material yang umum kita ketahui :

Untuk pastinya memasang peredam suara ruangan kamar tidur perlu adanya test kebisingan suara dan analisis lapangan sehingga ketika memasang peredam suara/kedap suara kita bisa tahu bahwa yang kita pasang memang mampu meredam suara kebisingan dari luar ruangan tersebut.

Bahan Peredam Suara Kamar Tidur Rumah dan Apartemen

Untuk membuat peredam suara, kita menggunakan bahan material peredam suara yang sudah umum digunakan untuk mengurangi dan memblokir kebisingan suara. Bahan material tersebut pada umumnya adalah rockwool, gypsum, glasswool,greenwool, mdf board, karpet peredam suara, karet dan bahan material lain yang mendukung agar kebocoran suara bisa teratasi.

1. Bahan peredam suara glasswool. Umumnya dulu banyak orang menggunakan bahan peredam suara glasswool sebagai bahan peredam suara ruangan pada dinding kamar, plafon atau atap rumah, ruang genset, ruang meeting dan sebagainya. Glasswool yang umum dipakai adalah jenis roll yang berharga murah dan tipis. Glasswool adalah bahan peredam suara yang berbahan dasar serat kaca. Ciri-ciri Glasswool seperti selimut tebal berwarna kuning. Glasswool dijual eceran dalam bentuk lembaran dan dalam kuantitas besar dalam bentuk roll. Glasswool memiliki ketebalan 25mm – 50mm dengan densitas permukaan mulai dari 25g/m2 sampai dengan 75g/m2.

Pada saat pengaplikasiannya, glasswool sering kali rontok dan menempel di kulit sehingga menyebabkan kulit gatal atau perih seperti tertusuk jarum. Apabila serbuk kaca tersebut tersedot masuk ke paru-paru, akan melukai serabut paru-paru yang halus. Serabut tersebut tidak bisa dikeluarkan dengan cara apa pun juga.

Glasswool berfungsi meredam suara dan dapat menginsulasi panas. Glasswool juga bersifat menyerap uap air. Dalam keadaan lembab, kemampuan meredam suara glasswool menjadi berubah. Glasswool yang lembab akan berjamur dan beratnya menjadi 5 – 7x berat aslinya. Kelembaban glasswool juga berdampak pada umur yang mana glasswool akan mudah menjadi lapuk dan hancur seperti pasir.

Dibalik segala kekurangannya glasswool merupakan bahan peredam suara yang murah terutama yang berbentuk roll panjang sehingga hemat biaya untuk bahan peredam suara ruangan.

2. Bahan peredam suara Mineralwool. Bahan peredam suara rockwool adalah pilihan kedua setelah rockwool. Umumnya rockwool memiliki berbagai macam jenis seperti juga glasswool, namun rockwool banyak digunakan dan cocok untuk bahan peredam suara studio musik, ruang karaoke, studio rekaman, ruang meeting dan sebagainya yang memiliki berbagai macam jenis dan dapat disesuaikan dengan kebutuhan si pemakai.

Rockwool adalah bahan peredam suara yang terbuat dari bahan dasar bebatuan. Ciri-ciri rockwool seperti selimut tebal berwarna abu-abu atau kuning. Rockwool dijual eceran dalam bentuk lembaran dalam kuantitas besar dalam bentuk roll atau lembaran berkemasan plastik. Rockwool memiliki ketebalan mulai dari 25mm – 100mm dengan densitas permukaan mulai dari 30g/m2 sampai dengan 100g/m2.

Rockwool adalah produk serat mineral ringan yang dirancang untuk meredam suara dan isolasi terhadap panas. Terdapat dua jenis rockwool di pasaran Indonesia, yaitu rockwool tanpa brand dan rockwool impor branded. Perbedaan harga antara rockwool branded dan tidak branded cukup jauh. Rockwool tidak branded memiliki kualitas yang kurang baik untuk dipakai pada proyek yang mensyaratkan keamanan dan kesehatan. Bahan peredam suara ini biasanya dipakai di proyek dengan anggaran tidak terlalu tinggi karena harganya yang tidak terlalu mahal. Kelebihan lainnya bahan peredam suara rockwool lebih aman, tidak gatal, tahan api dan tahan lama sehingga cocok digunakan sebagai bahan peredam suara ruangan anda.

3. Bahan peredam suara greenwool/healthywool. Saat ini bermunculan bahan peredam suara sintetis seperti greenwool yang jauh berbeda dengan bahan peredam suara glasswool dan rockwool yang biasa kita kenal. Bahan peredam suara greenwool diklaim merupakan bahan peredam suara yang sehat bebas dari bahan kimia sehingga tidak menganggu kesehatan manusia.

Umumnya bahan peredam suara greenwool juga memiliki berbagai macam jenis untuk berbagai macam keperluan namun ternyata bahan peredam suara greenwool merupakan bahan peredam suara yang tidak tahan api alias mudah terbakar. Dalam aplikasinya bahan peredam suara greenwool memang bagus untuk kesehatan namun harga bahan peredam ini 2 kali lipat lebih mahal daripada bahan peredam suara glasswool dan rockwool. Jadi anda tetap harus memperhatikan kekurangan bahan peredam suara jenis greenwool ini.

Memasang Peredam Suara

Untuk membuat kedap suara kita membutuhkan bahan kedap suara, teknik pemasangan ruangan kedap suara, dan jasa pemasangan ruang kedap suara. Untuk membuat ruangan kedap suara maka dibutuhkan bahan material pembuat kedap suara ruangan. Syarat yang harus dimiliki bahan kedap suara adalah memiliki ciri khas bahan ini tidak boleh menjadi pengantar energi suara (mekanik) atau dengan kata lain tidak mudah bergetar bila terpapar energi akustik (suara) atau mengubah energi suara tersebut menjadi energi bentuk lain saat melintasinya, atau dengan kata lain sesedikit mungkin meloloskan energi suara yang melewatinya. Jadi bahan kedap suara yang baik memiliki ciri seperti diatas. Selanjutnya apakah dengan demikian ruangan akan 100 persen kedap.

Umumnya sebelum kita memasang bahan peredam suara kita akan dihadapkan pada pertanyaan soal harga jasa peredam suara atau harga bahan peredam suara dan biaya pemasangan peredam suara. Berbicara mengenai harga, maka kita mau tidak mau berbicara mengenai bahan material dan jasa pasang serta komponen detail lainnya yang ada didalamnya seperti elektical dan interior ruangan.

Memasang bahan peredam suara ibarat kita membendung air agar tidak mengalir dan tidak bocor sehingga kita bisa memikirkan material apa yang bisa memblok energi suara dengan kekuatan yang besar sesuai fungsi ruangan tanpa bocor sama sekali. Atau bisa juga kita memberikan opsi dengan tingkat kebocoran tertentu atau daya kedap suara tertentu dalam hitungan decibel misalnya. Sehingga membuat peredam suara kita akan dihadapkan pada analisa terhadap kekuatan kebisingan energi suara dan jenis jenis frekuensi yang dominan didalamnya serta bahan material yang dapat digunakan untuk memblok energi suara berdasarkan tingkat kebocoran suara atau daya kedap suara yang kita kehendaki.

Maka ketika kita berbicara mengenai harga bahan peredam suara dan harga biaya jasa pasang peredam suara maka kita mau gak mau dihadapkan pada pilihan seberapa kedap suara yang kita kehendaki. Hal ini berkaitan dengan bahan material yang digunakan untuk memblok energi suara dan jenis frekuensi dominanya serta waktu yang diperlukan oleh jasa pasangnya dan segi elektikal dan interior ruangan atau akustik suara yang hendak kita pasang. Disini, umumnya konsumen tidak mengerti dan tidak faham. Untuk lebih jelasnya kita bisa memilih daya kedap suara itu berdasarkan tingkat daya kedap suara yang dapat diukur dengan alat sound meter. Misalnya dari pengukuran awal kekuatan kebisingan suara mencapai 85 decibel dengan fungsi ruangan sebagai ruangan studio musik latihan, maka kita mau menurunkan sampai ke 45 decibel dengan jenis frekuensi dominan pada frekusnei rendah, maka kita memiliki pekerjaan rumah untuk memblok suara hingga 45 db dan frekuensi rendah. Diperlukan analisa terhadap bahan material yang digunakan sehingga tingkat kebisingan suara bisa tercapai dan frekuensi rendah bisa diminimalisir secara maksimal.

Zona Kebisingan
30 dB : suara lemah berbisik
85 dB : batas aman, sebaiknya gunakan pelindung telinga
90 dB: dapat merusak pendengaran dalam waktu 8 jam. ex: suara pemotong rumput, suara truck di jalanan macet
100 dB :merusak pendengaran dalam waktu 2 jam. ex: suara gergaji mesin, suara melalui telephone
105 dB: merusak pendengaran dalam waktu 1 jam. ex: suara helikopter, suara mesin pemecah batu
115 dB: merusak pendengaran dalam waktu 15 menit. ex: tangisan bayi, riuh di stadion sepakbola
120 dB: merusak pendengaran dalam waktu 7,5 menit. ex: suara konser musikk rock
125 dB: ambang rasa nyeri ditelinga bagian dalam. ex: suara mercon dan sirene
140 dB: membahayakan pendengaran dalam waktu singkat. ex: suara tembakan dan mesin jet

Unit untuk mengukur intensitas bunyi adalah desibel (dB). Skala desibel merupakan skala yang bersifat logaritmik. Penambahan tingkat desibel berarti kenaikan tingkat kebisingan yang cukup besar. Contoh, jika bunyi bertambah 3 dB, volume suara sebenarnya meningkat 2 kali lipat.
Kebisingan bisa menggangu karena frekuensi dan volumenya. Sebagai contoh, suara berfrekuensi tinggi lebih menggangu dari suara berfrekuensi rendah. Untuk menentukan tingkat bahaya dari kebisingan, maka perlu dilakukan monitoring dengan bantuan alat:
– Noise Level Meter dan Noise Analyzer (untuk mengidentifikasi paparan)
– Peralatan audiometric, untuk mengetes secara periodik selama paparan dan untuk menganalisis dampak paparan pada pekerja.

Ada beberapa macam peralatan pengukuran kebisingan, antara lain sound survey meter, sound level meter, octave band analyzer, narrow band analyzer, dan lain-lain. Untuk permasalahan bising kebanyakan sound level meter dan octave band analyzer sudah cukup banyak memberikan informasi.

Kemampuan sebuah bahan material peredam suara untuk memblok suara dinamakan dengan sound transmition class (STC). Nilainya biasa disebut dengan decibel (dB). Semakin tinggi nilai TL, semakin bagus bahan tersebut dalam mereduksi suara.Semakin tinggi nilai STC maka semakin baik pengurangan kebisingan dari peredam suara ( noise barrier  ) tersebut. STC pada dasarnya adalah nilai decibel yang hilang atau berkurang pada saat suara melalui dinding peredam suara ( noise barrier ) dengan rentang frekuensi 125Hz – 4Khz dan sesuai dengan kurva yang telah disyaratkan. STC adalah perbedaan antara ruang sumber bunyi dengan ruang penerima yang dihasilkan oleh kemampuan sistem peredam suara ( noise barrier ), yang diukur dalam satuan decibel ( dB ) dengan rentang frekuensi 1/3 oktaf.

STC NILAI DESKRIPSI
50 – 60 Sangat Bagus Sekali Suara keras terdengar lemah / tidak sama sekali
40 – 50 Sangat Bagus Suara keras terdengar lemah
35 – 40 Bagus Suara keras terdengar, tetapi harus lebih didengarkan
30 – 35 Cukup Suara keras cukup terdengar
25 – 30 Jelek Suara normal mudah / jelas didengar
20 – 25 Sangat Jelek Suara pelan dapat terdengar

Berikut adalah langkah langkah jasa pembuatan ruangan peredam suara agar efektif dan efisien:

1. Tentukan Fungsi Ruangan. Percaya atau tidak fungsi ruangan bisa membedakan penggunaan material peredam suara baik yang sifatnya daya kedap kecil hingga daya kedap maksimal. Misalnya untuk fungsi ruangan ruang meeting dengan sumber kebisingan suara percakapan, maka tidak perlu menggunakan bahan material atau daya kedap suara yang tinggi seperti ruangan karaoke atau studio musik rekaman. Dengan demikian penggunaan bahan material bisa lebih hemat dan tepat sasaran. Namun jika ruang meeting itu dekat dengan ruang produksi atau ruang mesin yang sumber kebisingannya bisa mencapai 100 decibel, maka tentu kita harus memperhatikan bahan yang digunakan agar kebisingan dari ruangan produksi atau mesin tidak masuk kedalam ruangan. Dalam proses ini diperlukan adanya survey dan analisa lapangan agar konsultan dan kontraktor peredam suara faham apa yang harus dilakukan dan direkomendaasikan ke klien. Pemasangan bahan peredam suara tanpa analisa dan survey yang benar hanya akan membuang biaya dan waktu anda.

2. Temukan Sumber Kebisingan Suara. Setelah fungsi ruangan ditemukan, langkah berikutnya adalah menemukan sumber kebisingan suara dan menganalisanya. Jika fungsi ruangan untuk aula ballroom, maka sumber kebisingan bisa jadi dari dalam ruangan itu sendiri yang bisa ada konser musik, perkawinan dan sebagainya. Dari situ kita bisa analisa tingkat kebisingan suara dan jenis frekuensi suara yang muncul. Maka dari sumber kebisingan yang ada kita bisa menemukan berapa tinggi sumber kebisingan itu dan jenis frekuensi apa yang ada dalamnya. Dengan demikian kita bisa menemukan 2 kesimpulan yang bisa mempertajam analisa kita terhadap penggunaan bahan peredam suara. Demikian pula kita bisa menganalisa sumber kebisingan dan tingkat kebisingan pada ruangan kamar tidur, ruangan karaoke, studio rekaman, ruangan meeting dan sebagainya.

3. Ukur Nilai STC (Sound Transmition Class) Bahan Material. Hasil survey dan analisa yang benar membawa kita pada langkah berikutnya yaitu menentukan bahan material kedap suara atau peredam suara yang akan digunakan. Nilai STC ini harus bisa memenuhi selera konsumen dan memberikan beberapa alternatif dengan segala kekurangan dan kelebihannya masing masing. Dengan demikian calon konsumen akan tahu apa resiko yang diambil jika mengambil paket daya kedap suara yang daya kedapnya tidak maksimal atau hanya minimal. Nilai STC adalah patokan bagi kontraktor untuk bisa memasang bahan peredam suara dengan baik dan benar dan mengurangi resiko tidak tercapainya daya kedap suara yang dikehendaki. Jadi menentukan nilai STC material bahan peredam suara sangat penting dan harus dilakukan dengan benar sebelum melakukan pemasangan peredam suara ruangan.

Untuk membuat ruangan kedap suara umumnya kita menggunakan bahan material peredam suara dan kedap suara yang sesuai sehingga daya kedap suara yang hendak dicapai bisa maksimal. Bisa jadi kita bisa menambahka material seperti rockwool, glasswool, plywood, gypsum, karpet atau karet dan sebagainya. Tapi yang pasti pemasangan peredam suara memiliki daya kedap maksimal yaitu bahan yang kita pasang memiliki kemampuan daya kedap masing masing sehingga tidak bisa disamakan antara bahan peredam suara untuk studio musik dan peredam suara kamar tidur misalnya. Jadi pemasahaman tentang daya kedap suara ini perlu juga diketahui klien sehingga mereka tidak salah mengira dan tidak salah dalam melakukan estimasi.

Bahan material seperti karpet peredam suara merupakan salah satu material yang sering digunakan namun memiliki daya kedap suara tertentu dan bisa jadi akan tidak bisa memblok suara pada frekuensi tertentu. Demikian juga dengan bahan material seperti rockwool, glasswool, greenwool atau healthywool memiliki nilai daya serap masing masing dan pada jenis frekuensi masing masing. Maka mengetahui hal ini sangat penting untuk memahaminya.

Bila anda ingin mengentahui informasi jasa peredam suara ruangan, bikin ruang kedap suara, jual bahan material peredam suara dan sebagainya silahkan hubungi kami. Dengan senang hati kami akan membantu anda. Terimakasih

Menghitung Biaya Pasang Peredam Suara Ruangan

Sesudah anda membaca mengenai sedikit informasi mengenai bahan peredam suara, macam bahan yang dipasang dan daya kedapnya, maka tentu kita selangkah lebih maju untuk menghitungnya dengan lebih tepat. Apakah bisa memberikan harga tanpa menghitung nilai stl dan daya kedap suaranya? Bisa, itu namanya dagang asal asalan yang hasilnya pasti asal asalan jadinya. Maka disini saya akan membahas faktor apa saya yang menentukan harga pasang peredam suara atau biaya pemasangan peredam suara ruangan dan perhitungan biayanya secara umum.

Biaya pasang peredam suara tidak dapat diukur dengan suatu nilai rupiah tertentu sebelum faktor faktor seperti ukuran ruangan, bahan material yang digunakan, fungsi ruangan diketahui, bahan peredam gema dipakai, dan target decibel (sound meter) yang hendak dicapai dapat diketahui, maka biaya pasang peredam suara sulit diketahui. Oleh karena itu kami menyarankan anda untuk mengetahui sedikit informasi mengenai peredam suara ini agar anda faham apa yang anda beli, faham mengenai bahan peredam suara yang dipasang dan bahan peredam gema yang digunakan, dan sebagainya.

Untuk memperjelas hal hal diatas mari kita bahas satu persatu agar kita semakin memahami dan bisa mengerti lebih dalam, termasuk soal perencaaan anggaran biaya yang sering kali kita masih ragu dan bimbang.
1. Volume Ruangan . Volume ruangan merupakan hal yang memang tidak terlalu penting, namun usahakan memiliki ruangan dengan volume minimal ukuran 4 m x 3 m x 3 m sehingga cukup nyaman untuk duduk, dan menata ruangan, misalnya untuk karaoke atau studio serta sofa. Jika terlalu sempit maka kenyamanan juga bisa berkurang. Jika ada luas yang lebih besar misalnya 5mx6 mx3 m maka akan semakin baik. Volume rungan ini kadang digunakan orang untuk bernyanyi sambil berdiri dan berjoget. Maka jika ukuran terlalu kecil, bisa jadi kenyamanan kita juga tidak memuaskan. Maka pilihkan kamar ruangan dengan minimal ukuran 4 m x 3 m x 3 m agar kenyamanan berkaraoke bisa tetap terjaga.

2. Desain Interior Ruangan. Umumnya semua ruangan karaoke atau studiomusik memiliki tema dan warna. Bisa jadi kita menyukai tema dan warna natural, tema dan warna white, tema dan warna merah hitam, tema dan warna simple dan minimalis, tema dan warna ruangan karaoke mewah dan elegan. Semuanya itu adalah tema dari ruangan karaoke yang harus didesain dahulu agar bisa dikerjakan sesuai desain interior ruangan karaoke yang disetujui. Untuk desain interior karaoke ini umumnya kita menggunakan banyak elemen pembentuknya mulai dari kayu, metal, wallpaper, karpet, led strip lamp, gypsum, parket atau vinyl, dan lainya dengan nuansa warna yang disesuaikan dengan tema dan keinginan klien. Untuk pembuatan desain interior ruangan karaoke, akan diberikan pada saat awal atau saat kontrak sudah disetujui sehingga akan ada pembuatan desain karaoke beserta tema dan warna yang mau dibuat.

3. Tingkat daya kedap suara. Jika memang menginginkan ruangan memiliki daya kedap yang diinginginkan maka kita harus melihat nilai stl dari bahan yang dipasang serta berapa decibel daya tahannya untuk memblok suara. Umumnya ada pilihan untuk memblok suara dari pilihan 1, 2 dan seterusnya, yaitu dari daya blokir suara minimal, sedang dan maksimal.

4. Rencana Anggaran Biaya Pembuatan Ruangan. Anggaran biaya sering kali adalah pokok masalah yang menentukan bagaimana ruangan itu terbentuk baik dari sisi desain maupun daya kedap suara. Maka mungkin perlu dikomunikasikan dulu sebelum eksekusi mengenai anggaran biaya tersebut sehingga bisa berjalan dengan baik.

Umumnya untuk membuat peredam suara sederhana saja di dalam ruangan studio musik, ruang karaoke, ruangan meeting/rapat dan partisi ruangan, maka membuat ruangan peredam suara secara sederhana dan minimal bisa menggunakan pilihan paket peredam suara. Misalnya harga per meter persegi peredam suara adalah Rp 450.000, maka dihitung volume area yang hendak dipasang yaitu 4 sisi dinding dan 1 sisi plafon dikalihkan harga per meter persegi tersebut. Untuk spek harga Rp 450.000 per meter persegi itu bisa jadi adalah harga dengan spek rendah seperti penggunaan glasswool/rockwool, rangka, gypsum dan lainnya yang jika ditest kekedapannya dan nilai stl nya mungkin hanya 25 decibel saja.

Untuk pastinya berapa harga pasang peredam silahkan hubungi kami, tentu kami akan tanyakan fungsi ruangan, volume ruangan, nilai daya kedap stl yang dikehendaki, dan lain lain. Semoga bisa membantu anda. Terimakasih

Please follow and like us:

Posted in: Jasa Pemasangan Peredam Suara | Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.