Jasa Pembuatan Pemasangan Peredam Suara

May 18, 2020 | | 5 comments

Selamat datang di website http://jasapembuatanperedamsuara.com sebuah website yang akan membantu anda untuk memberikan informasi seputar jasa pembuatan pemasangan peredam suara yaitu jasa peredam suara karaoke, jasa peredam suara studio musik, jasa peredam suara kamar tidur, jasa peredam suara ruang rapat, jasa peredam suara mesin genset, jasa peredam gema ruangan, jasa peredam gaung, jasa pembuatan kusen pintu kedap suara, jasa akustik suara ruangan, jasa pembuatan peredam suara aula ballroom dan sebagainya. Disini kita bisa tahu apa itu kedap suara dan apa itu penyerap suara termasuk kita bahas mengenai bahan material peredam suara seperti rockwool, glasswool, greenwool, healthywool, peredam suara semprot dan sebagainya. Kita juga akan bahas mengenai bagaimana menghitung biaya pembuatan peredam suara dengan menghitung volume ruangan serta mengetahui bagaimana membuat dinding kedap suara, partisi kedap suara, plafon kedap suara dan sebagainya dengan menghitung nilai sound transmission class (stc) bahan material yang digunakan.

Pemahaman dan Perbedaan Kedap Suara dan Penyerap Suara

Sering kali kita menggunakan istilah peredam suara untuk merujuk pada “bebas gangguan suara” yaitu kondisi dimana ruangan tidak diganggu oleh suara dari luar ataupun suara dalam ruangan tidak keluar ruangan. Istilah peredam suara ini banyak digunakan oleh orang awam. Menurut acuan tersebut maka kedap suara atau soundproofing mengacu pada kondisi ruangan yang memang tidak diganggu oleh suara dari luar ruangan maupun suara yang masuk ke dalam ruangan. Sementara istilah sound absorbing atau penyerap suara mengacu pada kondisi suara dalam ruangan yang bergema atau bergaung sehingga membutuhkan material absorber untuk menyerap kelebihan suara. Jadi disini istilah peredam suara banyak mengacu pada istilah kedap suara meski kurang tepat.

Suara terdiri dari gelombang yang berjalan melalui medium. Beberapa bahan memiliki nilai ketahanan terhadap suara yang bagus sehingga membuat bahan tersebut kedap suara. Udara, misalnya, menawarkan ketahanan terhadap suara kecil oleh karena itu udara merupakan penyumbang utama terhadap suara yang tidak diinginkan di sebuah ruangan. Sumber kebisingan lain yang tidak diinginkan di dalam sebuah ruangan bisa berasal dari getaran. getaran terjadi ketika sebuah gelombang suara perjalanan bolak-balik dari satu objek yang lain. Hal ini dapat terjadi, misalnya, ketika gelombang suara menabrak di salah satu dinding ruangan, terpantul dari dinding itu, dan transfer energi ke dinding seberang.

Bahan kedap suara atau Sound Proofing Material secara fungsional digunakan untuk menghalangi energi suara keluar ruangan atau masuk ke ruangan. Bahan ini diperlukan untuk ruangan-ruangan yang fungsinya tidak boleh diganggu oleh bising dari luar ruangan (misalnya studio rekaman, studio TV, ruang konser, dsb) atau yang fungsinya menghasilkan suara dengan energi yang besar sehingga tidak diinginkan untuk mengganggu mereka yang berada di luar ruangan (ruang Home Theater, ruang Drum, dsb). Ciri utama bahan ini tentu saja tidak boleh menjadi penghantar energi suara (mekanik) yang baik atau dengan kata lain tidak mudah bergetar bila terpapar energi akustik (suara) atau mengubah energi suara tersebut menjadi energi bentuk lain saat melintasinya, atau dengan kata lain sesedikit mungkin meloloskan energi suara yang melewatinya.

Bahan Penyerap Suara (absorber) yaitu permukaan yang terbuat dari material yang menyerarap sebagian atau sebagian besar energi suara yang datang padanya. Misalnya glasswool, mineral wool, foam. Bisa berwujud sebagai material yang berdiri sendiri atau digabungkan menjadi sistem absorber (fabric covered absorber, panel absorber, grid absorber, resonator absorber, perforated panel absorber, acoustic tiles, dsb).

Bahan Pemantul Suara (reflektor) yaitu permukaan yang terbuat dari material yang bersifat memantulkan sebagian besar energi suara yang datang kepadanya. Pantulan yang dihasilkan bersifat spekular (mengikuti kaidah Snelius yaitu sudut datang = sudut pantul). Contoh bahan ini misalnya keramik, marmer, logam, aluminium, gypsum board, beton, dsb. Bahan pendifuse/penyebar suara (diffusor) yaitu permukaan yang dibuat tidak merata secara akustik yang menyebarkan energi suara yang datang kepadanya. Misalnya QRD diffuser, BAD panel, diffsorber dsb.

Bahan penyerap suara atau Sound Absorbing Material berfungsi untuk mengambil energi suara yang berlebihan di dalam ruangan. Target utamanya adalah, energi pantulan dalam ruangan dikurangi sesuai dengan kebutuhan. Bahan ini digunakan apabila ruangan diinginkan untuk memiliki level waktu dengung sesuai dengan kebutuhan atau ruangan yang diinginkan untuk tidak memiliki energi pantulan yang besar (misalnya studio musik, ruang home theater, ruang bioskop, ruang kelas, ruang seminar, ruang rawat inap, kamar hotel, dsb).

Ada berbagai tipe bahan ini, misalnya tipe bahan berpori (untuk suara dengan frekuensi menengah sampai tinggi), tipe panel (frekuensi menengah-rendah), tipe resonator (frekuensi rendah), tipe perforasi mikro (frekuensi tertentu). Penggunaan bahan ini semata untuk kebutuhan pengguna di dalam ruangan, agar mendapatkan medan suara sesuai dengan fungsi ruang (misalnya ruang bioskop harus memiliki permukaan penyerap yang dominan karena diharapkan pengguna mendengarkan suara langsung saja dari loudspeaker terpasang, sedangkan ruang konser simphony memerlukan bahan penyerap sesedikit mungkin karena diharapkan energi suara dari panggung bertahan selama mungkin tanpa mengurangi intelligibilitynya).

Prinsip dan Langkah Membuat Ruangan Peredam Suara

Jika kita menghendaki ruangan berperedam suara maka kita berpikir untuk mengurangi kebisingan suara atau memblok suara agar tercipta keheningan dalam ruangan atau ada kebisingan dalam ruangan yang tidak akan mengganggu orang lain atau tetangga sebelah. Maka berpatokan pada prinsip prinsip teknik insulasi suara, kita membuat ruangan peredam suara dengan langkah langkah yang tepat dan dapat dipertanggungjawabkan. Prinsip atau langkah membuat ruangan berperedam suara ini akan membuat kita tahu seberapa kedap atau seberapa jauh keinginan kita memblok suara tersebut. Misalnya ruangan meeting kantor yang banyak dipenuhi kebisingan suara sepatu atau suara percakapan, maka tentu jika kita mau lebih kedap kita tahu bahwa dua sumber suara itu yang akan kita blok. Dengan demikian kita juga tahu bahwa sumber suara tersebut memiliki tingkat kebisingan berbeda dari suara di jalan raya. Maka berikut ini adalah prinsip langkah untuk membuat ruangan peredam suara.

  1. Analisa. Analisa adalah langka awal untuk melihat faktor faktor apa saja yang membuat ruangan tersebut bising. Maka sumber kebisingan bisa kita identifikasikan dengan detail dan teliti. Disini kita harus tahu apakah sumber kebisingan dari luar ruangan atau dari dalam ruangan. Jika kita sudah identifikasi sumber kebisingan, maka kita bisa mengukur tingkat kebisingan suara tersebut. Misalnya tingkat kebisingan suara 80 decibel dari suara kendaraan bermotor yang lewat dari jalan raya dengan celah suara masuk dari jendela, plafon dan dinding karena bahan material bangunan yang kurang mampu memblok suara. Maka kesimpulan awal dari analisa ini bisa menjadi bahan rekomendasi konsultan dan kontraktor peredam suara untuk membuatkan rekomendasi bahan material yang digunakan. Hasil analisa yang salah bisa menyebabkan keputusan salah dan hasil yang salah. Banyak kasus dimana para amatiran kurang faham mengenai suara, jenis frekuensi, nilai sound transmission loss bahan material, cara pasang peredam suara dll yang mengakibatkan hasil yang buruk dan tidak maksimal. Tentu hasil yang bagus harus dimulai dari anallisa yang bagus dan keputusan yang baik dan benar pula.
  2. Pemilihan Bahan Material. Hasil analilsa memberikan rekomendasi terhadap bahan material yang harus digunakan. Misalnya kita membuat ruangan partisi peredam suara untuk ruangan kantor, maka kita bisa melihat bahwa sumber kebisingan suara pada umumnya adalah suara percakapan dengan penitikberatkan pada ruangan tertentu, misalnya ruangan meeting, ruangan direktur dan lainnya. Disini karena masalah kita adalah membuat partisi kedap suara, kita akan menentukan nilai sound transmission class dari bahan yang akan kita pasang. Apakah menggunakan gypsum 12 mm, dengan rockwool, dengan karet, dengan mdf board atau ditambah dengan karpet dan bahan lain?Berbeda ketika kita tahu bahwa ruangan digunakan sebagai ruangan musik full band, maka kita bisa tahu tingkat kebisingan suara seberapa tinggi (rata rata sampai 120 decibel) dan jenis frekuensi apa yang ada dalam ruangan tersebut. Tentu dengan tingkat kebisigan seperti ini dan jenis frekuensi yang berbeda, kita akan merekomendasikan bahan material yang berbeda pula dengan daya blokir suara maksimal. Disini pengetahuan akan nilai stc bahan material bisa membantu untuk memastikan bahwaa bahan yang kita pasang itu memiliki daya blokir suara berapa decibel. Jadi kita memasang bahan peredam bukan sembarang masang, tapi ada hitungan nilainya. Termasuk dinding bata merah atau dinding bata hebel. Pemahaman akan hal ini akan sangat membantu klien mengambil keputusan seberapa kedap suara ruangan dikehendaki.
  3. Teknik Pemasangan Peredam Suara. Setelah analisa dan pemilihan bahan material, langkah berikutnya adalah bagaimana teknik cara memasang peredam suara yang baik dan benar?Kita harus mengacu pada lima teknik insulasi suara ruangan yaitu prinsip massa, dekopling mekanik, absorbsi, resonansi dan konduksi. Kelima prinsip ini akan membuat cara memasang bahan peredam suara menjadi efektif dan efisien. Untuk semua pemasangan peredam suara termasuk pemasangan peredam suara studio musik, pemasangan peredam suara karaoke, pemasangan partisi peredam suara, pemasangan peredam suara kamar tidur, pemasangan peredam suara lantai, dinding dan plafon dan sebagainya. Tiap tiap karakteristik kebisingan dan jenis frekuensi harus mengacu pada kelima prinsip ini. Kesalahan prinsip pemasangan peredam suara bisa jadi menghasilkan konstruksi peredam suara yang buruk dan bocor.
  4. Pengetesan (testing). Hasil konstruksi pemasangan peredam suara akhirnya harus kita test untuk menentukan hasil akhirnya seberapa kedap hasil konstruksi peredam suara yang kita pasang. Seberapa besar nilai stc yang kita pasang apakah sesuai dari planning awal atau meleset jauh dari yang diharapkan. Hasil test yang bagus atau mendekati planning awal mencerminkan hasil kerja yang bagus dan sesuai seperti yang diharapkan. Namun hasil yang meleset tentu ada alasan mengapa hasilya tidak sesuai yang diharapkan.

Langkah langkah membuat ruangan peredam suara diatas tentu bukan patokan baku namun merupakan langkah antisipasi agar hasil konstruksi peredam suara sesuai dengan rencana awal.

Bahan Peredam Suara

Membuat ruangan peredam suara tentu kita perlu mengacu pada tingkat kebisingan suara dan jenis frekuensinya kemudian kita pilih bahan peredam suara berasarkan nilai stc nya sehingga bahan material yang dipasang bisa ktehuan seberapa besar daya blokir suaranya. Umumnya bahan peredam suara dan bahan penyerap suara disatukan untuk membantu mebuat ruangan kedap suara.

Jadi, kedua jenis bahan peredam dan penyerap suara tersebut dalam tataran praktisnya digunakan secara bersama-sama, sesuai dengan fungsinya masing-masing, untuk membentuk ruang akustik dengan berbagai fungsinya. contoh: Untuk ruang studio diperlukan sejumlah besar permukaan penyerap suara, sekaligus selubung kedap suara, ruang konser memerlukan sedikit bahan penyerap suara tetapi memerlukan selubung kedap suara yang sangat baik.Perlu diingat bahwa dalam sebuah ruangan, kinerja kedap tidak hanya dibebankan kepada salah satu komponen penyusun ruang saja, tetapi menjadi tanggung jawab seluruh penyusun ruangan (dinding, langit-langit dan lantai) karena suara bisa merambat lewat seluruh komponen penyusun ruang tersebut. Suara bisa bocor lewat dinding, lantai maupun langit-langit. Ingat, sekecil apapun lubang pada ember, akan menyebabkan air keluar dari ember tersebut alias bocor.

Nilai transmission loss dari material adalah kemampuan suatu bahan material peredam suara untuk tidak meneruskan bunyi atau menginsulasi bunyi dari suatu ruang sumber bunyi ke ruang penerima di sebelahnya.

Pada gambar diatas terjadi pengurangan intensitas bunyi, pengurangan ini terjadi karena karakter material akustik merubah energi bunyi menjadi bentuk energi lainnya, apakah melalui proses konduksi, konveksi atau transmitansi. Dengan adanya proses perubahan tersebut, maka yang tersaring dan keluar menjadi energi bunyi lagi hanya sebagian saja. Proses inilah yang dimaksud dengan rugi tranmisi bunyi atau transmission loss (TL).

Untuk mengetahui berapa besar intensitas bunyi sebelum dan sesudah melalui partisi atau penghalang dapat dilakukan pengukuran dengan alat Sound Level Meter (SLM), satuannya dalam decibel (dB). Di dalam bangunan atau ruang mesin, kemungkinan TL dapat terjadi pada semua bahan pada elemen bangunan, misalnya bahan lantai bertingkat, dinding ruang eksterior maupun interior, bahan bukaan (pintu dan jendela), maupun plafond. Untuk menghindari penyimpangan yang sangat menyesatkan dalam pengujian atau pengukuran untuk mengetahui harga rata-rata dari sound transmission loss tersebut, maka sebaiknya mengacu pada pengukuran standar yang telah ditetapkan.

Bahan material peredam suara yang dipasang memiliki nilai stc berbeda beda. Nilai sound transmission class sangat tergantung kepada keseluruhan sistem kontruksi yang dipakai oleh suatu bahan. Kemampuan penghalangan bunyi pada suatu dinding sangat dipengaruhi oleh beberapa faktor yaitu massa dinding, kekakuan bahan dinding, redaman internal serta cara pemasangan dinding atau kontruksi dinding.

Untuk membuat sebuah dinding berperedam suara tentu kita bisa memadukan antara bahan bahan yang ada, misalnya rockwool, mdf board, karet peredam, glasswool, gyspum, busa ati, karpet peredam dan sebagainya. Bahan bahan terssebut dipasang sesuai prinsip insulasi suara dan bisa menghasilkan nilai stc yang dikehendaki. Untuk tingkat kebisingan suara yang lebih tinggi bisa jadi kita memerlukan bahan material dan cara pasang yang lebih tebal dan lebih baik untuk menghasilkan daya blokir suara lebih maksimal.

Membuat Peredam Suara Ruangan

Untuk memulai membuat ruangan peredam suara maka kita wajib tahu fungsi ruangan, tingkat kebisingan suara, tolerasi terhadap kebisingan suara, jenis frekuensi dan struktur material pembuat ruangan itu sendiri. Misalnya untuk membuat ruangan studio musik dengan full band atau semua alat musik lengkap termasuk drum, gitar listrik, bass, keyboard dan lainnya. Maka kita lihat apakah ruangan tersebut berada di lantai 3 atau dibasement dengan struktur dinding bata merah diaci atau partisi gypsum biasa saja? Maka hasil analisa kita membuat kita tahu bahwa ruangan musik dengan full band bisa jadi memiliki tingkat kebisingan suara hingga 120 decibel dimana suara tersebut merupakan suara yang cukup keras. Jika ruangan berada di lantai 3 dan dinding ruangan terbuat dari bata merah diaci dengan ketebalan 10 cm maka kita bisa menilai nilai stc materialnya adalah sekitar 30 decibel. Tetapi kita juga sadar bahwa suara musik full band memiliki jenis frekuensi rendah yang sulit untuk diblok secara maksimal. Maka kita bisa menjelaskan bahwa pemasangan peredam suara ruangan studio musik bisa dilakukan dengan pemilihan bahan material dengan nilai stc mislanya 100 decibel dengan efektifitas pada frekuensi sedang dan tinggi, sementara pada fekuensi rendah hal ini kurang efektif karena hanya bisa memblok sekitar 40 decibel. Itu sebuah contoh. Maka informasi ini menjadi penting disampaikan ke klien untu memahami konstruksi peredam suara yang dipasang. Bisa jadi kita rekomendasikan dipindah ke lantai basement agar hasil daya kedap suara lebih maksimal karena faktor suara bisa langsung diblok jika suara merambat melalui lantai atau tanah.

Untuk membuat partisi ruangan berperedam suara seperti ruangan meeting, ruangan karaoke maka prinsipnya adalah sama. Kita memerlukan analisa kebisingan suara pada suara karaoke. Misalnya kebisingan suara mencapai 100 decibel, maka kita membuat partisi kedap suara untuk masing masing ruangan karaoke akan tersusun dengan bahan yang nillai stcnya tinggi. Misalnya dengan double mdf 12 mm, double gypsum, rockwool densitas 100 kg 45 cm dengan air space 3 cm dan rangka hollow dengan penambahan busa ati atau karet peredam suara. Maka bisa jadi kita memiliki nilai stc partisi ruangan karakoe senilai 90 decibel. Konsekuensinya adalah biaya pembuatan partisi peredam suara karaoke ini menjadi lebih mahal dibandingkan jika harus membuat dengan dinding bata merah diaci terlebih dahulu. Jika kita menurunkan anggaran biaya, resikonya adalah suara karaoke dari  satu ruangan ke ruangan lain menjadi bocor dan pengunjung tidak nyaman dengan kebisingan suara masuk dari kanan kiri ruangan.

Jika membuat peredam suara ruangan meeting dengan kebisingan suara percakapan dan suara sepatu, maka pasangan partisi peredam sauranya tidak harus setebal atau nilai stc nya tidak perlu setinggi partisi rungan karaoke tadi. Bisa jadi tingkat kebisingan suaranya mencapai 60 decibel, maka kita memasang bahan peredam suaranya dengan nilai stc yang sama atau mendekati, sehingga biaya pemasangan peredam suara ruangan meeting bisa ditekan.

Untuk peredam suara mesin genset misalnya, kita pada prinsipnya memiliki teknik yang sama untuk memblok suara dalam ruangan. Misalnya tingkat kebisingan suara ruangan sebesar 100 decibel mau diturunkan sebanyak 20 decibel menjadi 80 decibel, maka kita perlu hati hati dalam menghitung nilai stc bahan material yang dipakai. karena bisa jadi rockwool dan wiremesh yang biasa dipasang padar ruangan mesin genset tidak bisa memblok suara sebanyak 20 decibel. Disini kita perlu analisa dulu jenis frekuensinya dan teknik yang tepat untuk memblok suara ini sehingga bahan material yang digunakan juga harus memenuhi syarat misalnya tahan api hingga 500 derajat atau lainnya. Jika kita hanya memasang rockwool, glascloth dan wiremesh saja bisa jadi hasil akhirnya akan sangat mengecewakan dan tidak sesuai harapan.

Demikian pula jika kita harus memblok suara yang masuk dari jalan raya ke ruangan kamar tidur kita maka kita perlu tahu sumber kebisingan, tingkat kebisingan suara, jenis frekuensinya, bahan material yang direkomendasikan dan teknik memasangnya. Jika sumber kebocoran suara dari jendela dan pintu, maka kita perlu juga melakukan improvisasi agar kebocoran suara melalui jendela dan pintu bisa diblokir.

Jasa Pembuatan Pemasangan Peredam Suara Ruangan

Sebagai jasa pembuatan peredam suara ruangan, maka kami bekerja menurut prinsip prinsip insulasi suara yang baik dan benar sehingga hasil kesepakatan bisa tercapai secara maksimal. Kami melayani jasa pembuatan pemasnagan peredam suara untuk:

  1. Jasa pembuatan pemasangan peredam suara studio musik, baik untuk ruangan studio musik latihan ataupun rekaman
  2. Jasa pembuatan pemasangan peredam suara karaoke, baik ruangan karaoke maupun pembuatan partisi peredam suara karaoke
  3. Jasa pembuatan pemasangan peredam suara ruangan meeting atau rapat
  4. Jasa pembuatan pemasangan peredam suara ruangan mesin baik mesin genset maupun mesin produksi
  5. Jasa pembuatan pemasangan peredam suara kamar tidur
  6. Jasa pembuatan pemasangan peredam suara ruangan kelas
  7. Jasa pembuatan pemasangan peredam suara rumah ibadah
  8. Jasa pembuatan pemasangan peredam suara ruangan aula ballroom
  9. Jasa pembuatan pemasangan peredam suara ruangan direktur
  10. Jasa pembuatan pemasangan peredam suara dinding, plafon dan lantai gedung dan rumah
  11. Jasa pembuatan pemasnagan peredam gema gaung ruangan
  12. Jasa pembuatan pemasangan peredam suara ruangan lainnya.

Pada prisnipnya kami mampu dan dapat membuat ruangan berperedam suara dan juga membuat memasang peredam gema gaung dalam ruangan.

Harga Biaya Membuat Ruangan Peredam Suara

Untuk membuat ruangan peredam suara tentu kita berpatokan pada hal diatas yaitu nilai stc dan pemilihan bahan material yang digunakan sehingga semakin tinggi nilai stc bahan material yang digunakan bisa jadi harga biaya peredam suaranya akan lebih mahal. Membuat ruangan karaoke dengan partisi dengan daya blokir 100 decibel tentu akan lebih mahal dibandingkan dengan memasang bahan peredam suara dibandingkan dengan ruangan karaoke yang sudah ada tembok bata merahnya. Perbedaan harga biaya pembuatan pemasangan peredam suara ditentukan dari tingkat kebisingan yang harus diblokir. Semakin tinggi frekuensi suara yang harus diblokir dan semakin banyak bahan material yang digunakan maka otomatis harga biayanya juga akan naik.

Untuk membuat ruangan studio musik dengan alat full band dan membuat studio musik dengan alat musik hanya keyboard saja tentu akan jauh berbeda. Semakin rendah tingkat kebisingan suara dari sumber  suara tentu harga biaya peredam suaranya juga akan lebih murah. Sebaliknya semakin tinggi sumber suara dan tingkat kebisingannya tentu akan memakan harga biaya material yang cukup tinggi.

Umumnya untuk membuat ruangan berperedam suara ada 2 cara menentukan harga biayanya. Pertama dengan sistem harga per meter persegi dan kedua dengan sistem pemisahana biaya material dan upah tenaga kerja. Pada prinsipnya kedua perhitungan tersebut sama. Kontraktor peredam suara menentukan keduanya berdasarkan bahan material yang digunakan, dan biaya tenaga kerja dan margn keuntungan yang mau diambil. Maka kedua perhitungan itu sebenarnya tidak ada bedanya.

Untuk anda yang membutuhkan jasa pembuatan pemasangan peredam suara baik untuk peredam saura studio musik, peredam suara karaoke, peredam suara ruagnan mesin, peredam suara ruangan kamar, peredam suara ruangan meeting, peredam suara raungan syuting, peredam suara untuk dinding, plafon dan lantai, peredam gema ruangan, peredam gaung, membutuhan bahan peredam suara seperti rockwool, glasswool, greenwool, karpet peredam suara, dan lainnya seputar jasa peredam suara silahkan hubungi kami.  Kami melayani area seluruh Indonesia untuk membantu anda meredam kebisingan suara. Terimakaish.

Please follow and like us:

Posted in: Jasa Pemasangan Peredam Suara | Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

5 Responses

  1. Dear bapak..

    Terima kasih atas informasi mengenai ruang akustik dan peredam suara.
    Kami ada rencana membangun studio band sederhana (gitar, drum, bas, keyboard dan ampli2) ukuran 3x5m di lantai 1. Atap berupa cor dan Dinding yg tersedia saat ini adalah 3 sisi dengan bata merah diaci. Sedang satu sisinya akan ditutup dengan pasangan bata merah kombinasi kaca.

    Studio berada di belakang rmh dan berada di perumahan, lokasi di kota surabaya. Mohon saran, desain atau jenis peredaman seperti apakah yg cocok utk ruangan tsb agar tidak mengganggu tetangga.

    Apabila memungkin, mohon diberikan estimasi biaya pembuatan ruang tsb baik borongan maupun m2.

    Demikian kami sampaikan, atas perhatiannya terima kasih.

    Salam
    Ade Irawan A

  2. berapa biaya sound proof ruang generator dengan data p = 13 m, l = 7 dan t = 8 meter dengan spesifikasi rockwoll 80kg/m3 + glass cloth, kawat loket dan spindle pin.

    Lokasi pekerjaan : Alam Sutra – Tangerang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.